Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara membuat alat penanda dari laser


Halo sobat, kali ini saya akan berbagi cara membuat alat penanda dari laser. Mungkin banyak yang bingung alat apa sih ini?.  Jika kita ulas kembali untuk menentukan suatu titik pada tembok pasti membutuhkan meteran. Jika ternyata pada saati itu tidak ada meteran bagaimana cara nya mengukur titik yang sama tinggi di beberapa sudut ruangan. Secara singkat ini merupakan suatu alat yang dapat digunakan untuk memberikan suatu tanda dengan memanfaatkan sinar laser.  Sinar laser akan memancar lurus, sinar ini yang akan dimanfaatkan sebagai penanda dapat diarahkan secara vertikal dan horisontal.
Langsung saja kita buat alatnya

1.Persiapkan alat dan bahan
Motor dc 5 V
Batterai 18650 (bisa dengan batterai lain)
Stik Eskrim
Kabel secukupnya
Saklar
Laser mainan
Cermin kecil (lupa tidak terfoto)



2.Susunlah stik eskrim menjadi kerangka alat sebagai penopang komponen. Disini yang terpenting bahwa laser harus pada posisi datar. Hal ini agar pancaran sinar laser dapat lurus dan tidak mlenceng.


3.Pasangkan motor DC 5 Volt pada kerangka usahakan motor dipasang secara datar. Begitu pentingnya datarnya kerangka dan motor DC, jadi perlu diperhatikan.



4.Pasangkan batterai 18650. Nah tegangan batterai 18650 itu sekitar 4,2 Volt karena batterai yang digunakan memiliki tegangan kerja 5 Volt. Sambung dengan kabel dan solder agar kabel terhubung dengan kuat.



5.Pasang saklar untuk menghidupkan dan mematikan motor DC



6.Pasangkan cermin pada poros motor dc agar berputar dengan lurus. Usahakan pemasangan cermin datar agar pantulan sinar laser lurus.



7.Setalah semua terpasang, sekarang yang terakhir pasangkan laser pada rangka. Nah ini juga perlu diperhatikan agar pemasangan laser datar. Agar sinar lurus horisontal, dan jika di pantulkan oleh cermin juga datar.


8.Alat siap digunakan.
Perlu diketahui bahwa dalam pemasangan cermin terlalu besar, sehingga menimbulkan getaran yang cukup kuat. Hal ini menyebabkan pancaran sinar laser melengkung. Sehingga perlu diberikan penahan getaran. Semoga bermanfaat.

Untuk lebih lanjutnya simak video berikut ini.


Post a Comment for "Cara membuat alat penanda dari laser"