Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rangkaian LED berjalan dengan IC 4017


Rangkaian LED berjalan atau running led merupakan rangkaian elektronika yang pada prinsipnya led akan hidup dan mati secara berurutan. biasanya penggunaan rangkaian ini untuk hiasan pada border papan nama toko, variasi mobil/motor/bus/truck, lampu strobo polisi, dan masih banyak lagi. Pada pembahasan kali ini rangkaian led berjalan menggunakan IC 555 sebagai multivibrator dan IC 4017 sebagai IC register untuk kontrol nyala setiap LED. 


Sebagai contoh rangkaian led berjumlah 10 buah sesuai dengan jumlah output pada IC 4017. Perlu ditambahkan Resistor pada setiap LED untuk menghambat arus sehingga LED tidak rusak.

Multivibrator IC 555 mengeluarkan frekuensi pulsa tertentu. Besarnya frekuensi ditentukan oleh nilai resistansi Potensio. Setiap detak frekuensi (clock) terhubung dengan pin 14 IC 4017, setiap mendapat trigger maka output aktif pada output akan aktif bergantian. Tegangan kerja untuk IC 555 dan IC 4017 adalah 5V - 12V.

Pada pengembangannya jumlah lampu LED yang digunakan pada IC 4017 dapat disesuaikan dengan kebutuhan, dengan cara memparalel output setiap Keluaran IC dengan sejumlah LED yang akan dipasangkan. Jika LED yang dinginkan lebih dari 10 bahkan sampai 100, dapat menggunakan bantuan Transistor sebagai driver LED. Hal ini karena ouput dari IC 4017 memiliki daya yang rendah sehingga tidak mampu menghidupkan banyak LED.

Baca juga : Rangkaian IC BCD 7447 Driver Seven Segment

Transistor yang biasa digunakan adalah BD 139 (NPN) & BD 140 (PNP).

Terimakasih sudah mengunjungi blog kami. Selamat berkreasi semoga bermanfaat.

1 comment for "Rangkaian LED berjalan dengan IC 4017"