Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resistor Karbon - Carbon Composition Resistor


Komponen penghambat arus resistor memang komponen yang sangat penting untuk menjaga keamanan dari beban listrik agar bekerja secara optimal tidak kelebihan tegangan ataupun beban.  Resistor dapat dikategorikan berdasarkan jenis bahan material pembuat resistor. Salah satu jenis resistor yang sering kita jumpai adalah resistor karbon film (Carbon Composition Resistor). 

Resistor karbon film adalah resistor yang dibentuk dari bahan karbon film (carbon film) resistor jenis ini temasuk dalam kategori resistor tetap (fix resistor). Setiap orang yang mengetahui resistor sebagai hambatan pasti resistor jenis ini yang dimengerti dengan sebuah komponen kecil yang memiliki gelang warna. Proses pembuatan resistor karbon sangat mudah dan murah sehingga, jumlah dipasaran dan penggunaannya sangat banyak.

Konstruksi Resistor Karbon Film (Carbon Composition Resistor)
Jika kita bedah sebuah resistro karbon makan akan ditemui seperti tabung yang terbuat dari karbon dan memiliki ulir dibagian tengah. pada sisi samping terdapat logam berbentuk topi yang menopang karbon dan tempat kaki resistor.

Resistor Karbon Jika dibuka

Kelebihan dan Kekurangan Resistor Karbon Film (Carbon Composition Resistor)
Kelebihan resistor karbon yaitu memiliki nilai induktansi yang rendah rendah sehingga sangat ideal digunakan pada frekuensi tinggi. Nilai resistansi cukup banyak dan tinggi dibanding resistor wirewound. Resistor karbon dapat juga menahan frekuensi dengan power yang besar karena arus mengalir diseluruh body komponen massa termal yang tinggi (High Massa termal). Selain itu resistor jenis karbon sangat banyak dipasaran, sehingga sangat mudah didapatkan harganyapun murah.

Kekurangan yang terdapat pada resistor karbon yaitu memiliki nilai toleransi cukup besar sehingga kurang presisi, nilai toleransi yang cukup banyak yaitu 5% (emas) dan 10% (perak). Jika suhu pada resistor karbon panas, resistor akan mengalami kebisingan untuk frekuensi tinggi hal ini dikarenakan campuran bahan resistor yang berbeda. Perubahan suhu naik atau turun dapat mempengaruhi nilai resistansi resistor karbon.

Karakteristik dan Ukuran Dimens Resistor Karbon Film (Carbon Composition Resistor)
Resistor karbon memiliki batas dalam tegangan kerja dan arus kerja agar bekerja secara optimal. Pada proses pengujian resistor diukur pada suhu 70oC untuk mengetahui karakteristik dan ketahanan resistor karbon. Berikut ini karakteristik resistor karbon berdasarkan Datasheet Carbon Composition Resistor dari PCC COMPONENT COMPANY. 


Resistor Carbon Characteristic

Kesimpulan dari resistor karbon film (Carbon Film Resistor). Penggunaan resistor karbon tentunya memiliki peranan tersendiri dari segi material bahannya, so perhatikan dulu sirkuit rangkaiannmu sebelum membeli komponen resistor. Selamat berkarya.

Post a Comment for "Resistor Karbon - Carbon Composition Resistor"