Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resistor Tetap - Fixed Resistor

Secara umum seluruh orang mengenali sebuah hambatan listrik berupa resistor, resistor yang dimaksudkan pasti resistor tetap jenis karbon film yang memiliki gelang warna. Padahal resistor jenis karbon film yang merupakan salah satu jenis resistor tetap.
Gambar Resistor Tetap (Fixed Resistor)
Secara definisi Resistor tetap fixed resistor adalah salah satu jenis resistor yang memiliki nilai tetap dan tidak dapat berubah dalam keadaan apapun. Resistor jenis ini temasuk resistor yang paling sering digunakan dalam setiap peralatan elektronik, sebagai pembatas arus dan pembagi tegangan. Resistor tetap dapat dengan mudah dikenali karena bentuknya yang sudah familiar seperti tabung dengan lapisan cincin berwarna. 

baca juga :

Pada kenyataannya tidak ada resistor yang dapat menunjukkan nilai resistansi yang tepat. Secara teoritis perhitungan nilai resistansi akan mempengaruhi keakuratan hasil hitungan untuk mengetahui besar daya, arus dan tegangan. Resistor tetap yang ideal harus memiliki nilai resistansi yang tetap dan tidak bisa dipengaruhi suhu, frekuensi, tegangan, arus, dan pengaruh eksternal lainnya. Semakin kecil pengaruh diluar resistor tetap maka kualitasnya akan semakin bagus.

Simbol Resistor Tetap (Fixed Resistor)
Simbol Resistor Tetap (Atas Amerika) dan (Bawah Eropa)

Jenis Resistor Tetap Berdasarkan Bahan Pembuatnya 
Perbedaan bahan material sangat mempempengaruhi tingkat akurasi nilai resistansi pada resistor tetap. Perbandingan dari semua bahan material, resistor tetap yang terbuat dari bahan karbon film memiliki akurasi yang paling rendah, yakni dengan toleransi 5% dan 10 %. Sedangkan jenis yang lain memiliki toleransi 1 %.
  • Metal Film Resistor
  • Metal Oxide Resistor
  • Carbon Film Resistor
  • Wirewound Resistor
Jenis Resistor Tetap Berdasarkan Ukuran Daya
Setiap resistor memiliki ukuran yang berbeda, hal ini berkaitan dengan kemampuan resistor untuk mengalirkan arus listrik, yang tentunya tergantung dari beban yang akan dialiri listrik. Semakin besar ukuran resistor maka semakin besar arus yang dapat mengalir. Berikut ini ukuran resistor yang merepresentasikan daya resistor yang beredar di pasar.

Gambar Resistor Tetap Berdasarkan Daya

Membaca Nilai Resistansi Resistor
Beberapa jenis resistor tetap nilainya dapat diketahui dengan penunjukkan kode warna, atau kode teks yang muncul pada setiap bodi resistor tetap. Resistor jenis karbon film memiliki empat gelang warna dengan warna dasar kecoklatan, sedangkan metal film resistor memiliki lima gelang warna dengan warna dasar biru dan jenis resistor lainnya. Berikut ini cara menentukan nilai resistansi sebuah resistor tetap.

Membaca Kode Warna Resistor
Membaca Kode Text Resistor

Post a Comment for "Resistor Tetap - Fixed Resistor"